Vaseline dan Plastik Sampah -->

Iklan Semua Halaman

Vaseline dan Plastik Sampah

IT&News CAAIP team
December 30, 2020

 

Selamat Pagi Pelaut Indonesia.

Tenggelamnya kapal tidak terjadi secara tiba-tiba, kecuali akibat ledakan dan tubrukan yang merobek lambung kapal yang tidak memiliki double hull.


Apabila kapal melewati cuaca buruk dengan ombak samping atau mengalami rolling karena adanya free surface moment di palka atau tangki kapal, atau memiliki GM yang kecil sehingga rolling periode kapal menjadi sangat besar, apa yang harus dilakukan untuk tetap terapung dan selamat ?


Ingat quote bijaksana ini;


Ships don’t sink because of the water around them; ships sink because of the water that gets in them. Jaga jangan sampai ada air yang masuk ke kompartemen kapal !!


Bagaimana caranya?


Perlunya Watertight integrity dari setiap kapal terjaga dengan baik. Yakinkan pintu-pintu kedap air benar-benar kedap dan tertutup. Jika perlu tambahkan VASELINE di karet-karet pintu untuk mencegah air masuk. 


Buat pelaut yang biasa menyeberangi Atlantik Utara dari Eropa ke Amerika dengan kapal yang hanya memiliki Free Board dibawah 3 meter, vaselina adalah suatu keharusan.


Lalu bagaimana dengan Ventilasi kapal, Air breather tangki ballast dan tangki BBM? Tutup dengan plastik kedap (plastik sampah warna hitam) dan lapisi Terpaulin selanjutnya ikat dengan tali atau karet untuk meyakinkan air tidak masuk.


Maksud dari Sea Worthy adalah salah satunya KEDAP AIR ! Di Indonesia masih ada kapal tenggelam karena hujan deras, bukan karena cuaca buruk (water that gets in ship). Dalam terminologi pelaut yang baik disebut; It is not the weather, but your ship seaworthiness is that matter. Artinya; kapal tidak tenggelam karena cuaca buruk, tapi karena tidak sea worthy dan crew yang tidak memiliki excellent good seamanship.


Lebih sering kecelakaan fatal dimulai dari kata PANIK. Dan deskripsi pelaut haruslah memiliki imun panik yang baik.


Disaat cuaca buruk dan ombak menerjang dari samping, jika keadaan memungkinkan tentu yang paling baik adalah merubah haluan menghadap ombak. Tapi jika berlayar di alur sempit dan hal itu terjadi, maka watertight integrity harus dijamin 100% seperti disebutkan diatas, yaitu jaga kekedapan kapal.


Buat kapal yang memiliki GM kecil, Freeboard rendah, dan ada FSM didalam tangki, menjaga kekedapan kapal adalah hal yang membedakan antara hidup dan mati dilaut. (bersambung)


 

Stay on the bright side!.

Jayalah Pelaut Indonesia

 

Capt.Zaenal A Hasibuan - CAAIP 29

a proud member of IKPPNI

( Organisasi Profesi Perwira Pelayaran Niaga Professional )