Terkini

BERITA TERKINI


Lihat Semua Berita >>>

Cat-1

YBS CAAIP

YBS CAAIP

Berita STIP

BERITA STIP

CAAIP Video Chanel

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » Ingin Bewisata Dengan Kapal Pesiar? Ini Beberapa Tips Yang Perlu Diketahui

Jakarta,eMaritim.com – Selama ini, kebanyakan masyarakat di Indonesia hanya mengenal berwisata menggunakan alat transportasi pesawat terbang atau kendaraan roda empat. Berwisata menggunakan kapal pesiar atau cruise ship belum begitu populer, terutama bagi sebagian besar masyarakat di negara ini. Namun, bagi mereka yang tinggal di luar negeri, berwisata menggunakan kapal pesiar adalah hal yang sudah biasa dilakukan. Tak jarang, mereka sengaja menabung agar bisa berwisata mengunjungi beberapa negara atau pulau-pulau kecil dengan kapal pesiar.

 

Namun, seiring dengan seringnya kapal pesiar keluar masuk beberapa pelabuhan besar di Indonesia, berwisata menggunakan kapal pesiar mewah mulai dikenal di Indonesia meski penumpangnya sebagian besar masih warga negara asing alias sedikit yang berkewarganegaraan Indonesia.

 

Padahal, berwisata dengan cruise ship memungkinkan kita mengunjungi pulau-pulau kecil dan indah yang tidak terjangkau oleh pesawat terbang dan juga singgah di pantai-pantai indah yang jauh dari keramaian kota.

 

Saat ini, beberapa perusahaan ternama kapal pesiar yang ada dan banyak menawarkan paket wisata kapal pesiar, di antaranya dari Singapura, Australia, Hongkong dan Jakarta. Biasanya paket perjalanan wisata ini termasuk tiket pesawat, kamar hotel dan biaya kapal pesiar. Lama waktu perjalanan tergantung dari paket yang diambil, mulai dari 3 hari sampai diatas 1 bulan.  Lama perjalanan ini tergantung dari rute cruise yang diinginkan.

 

Untuk rute cruise Singapura-Jakarta, mungkin lama perjalanan hanya 2 hari 3 malam. Tetapi, jika kamu ingin mengambil rute Singapura-Hongkong, bisa jadi 6 hari 7 malam lama perjalanannya.

 

Berikut beberapa tips berwisata naik kapal pesiar, jika kamu berencana berlibur dan naik kapal pesiar :

 

1. Baca informasi mengenai kapal pesiar

 

Jika ini kali pertama kamu berwisata naik kapal pesiar, sering-seringlah browsing di internet untuk mengetahui kondisi kapal pesiar. Posisi kamar akan dibagi menjadi genap dan ganjil. Sebelah kanan kapal merupakan kamar dengan nomor ganjil dan sebaliknya. Banyak orang yang tersasar ketika meninggalkan kamar dan bingung ketika ingin kembali ke kamar.

 

Biasanya kamu akan melakukan passenger drill pada hari pertama sebelum kapal berlayar. Hal ini merupakan peraturan mandatori yang harus kamu ikuti. Dengarkan perintah melalui pengeras suara dan kamu harus mengetahui nomor life boat kamu, sehingga kamu tahu harus pergi kemana ketika passenger drill berlangsung. Jangan takut, banyak crew member yang akan membantu. Karena tentunya, masih banyak hal baru yang pastinya belum kamu ketahui mengenai kapal pesiar.

 

2. Persiapkan pakaian secukupnya

 

Jangan terlalu banyak membawa pakaian, siapkan saja secukupnya. Kamu bisa memakai fasilitas laundry yang disediakan hotel atau kapal pesiar. Ingat juga bahwa kamu nantinya akan membeli souvenir untuk oleh-oleh kerabat di rumah. Jika terlalu penuh, pastinya kamu akan memerlukan extra luggage yang bisa jadi akan menambah biaya perjalanan kamu.

 

3. Bawa makanan ringan

 

Makanan ringan bisa kamu bawa ke dalam kapal pesiar selama bukan makanan segar seperti buah dan sayur, tetapi makanan kemasan dan tidak berjumlah banyak. Kudapan seperti kacang, biskuit atau mie instan bisa dibawa dan disimpan di dalam kamar. Siapkan juga sambal atau kopi instan yang setidaknya bisa melengkapi makanan kamu.

 

4. Jangan lupa siapkan obat-obatan pribadi

 

Persiapkan obat-obatan yang kamu perlukan. Apalagi jika kamu sedang tidak enak badan atau sedang dalam kondisi pemulihan. Obat dasar seperti parasetamol, obat flu, obat batuk dan obat gosok bisa dibawa ke kapal pesiar. Harga obat di luar negeri sudah pasti mahal, jangan sampai kamu melewatkan dan lupa membawa obat-obatan yang diperlukan.

 

5. Mabuk laut

 

Berwisata naik kapal pesiar memang beda. Kamu akan berada di laut selama beberapa hari sebelum mencapai port tertentu. Jika kamu sering mabuk perjalanan ketika traveling jauh, maka kamu harus waspada kalau kamu bisa saja mengalami mabuk laut. Manajemen kapal pesiar biasanya menyediakan obat anti mabuk (sea sick pill) untuk mengantisipasi keadaan ini. Yang harus diingat ialah, untuk selalu menjaga kondisi badan fit dan juga tidak telat makan serta cukup istirahat.

 

Singgah di tempat dan negara berbeda tiap harinya merupakan wisata yang ditawarkan oleh kapal pesiar. Hari ini kamu di Vancouver, Kanada, keesokan harinya kamu sudah berada di Glacier Bay, Alaska. Keistimewaan ini merupakan salah satu hal yang ditawarkan wisata naik kapal pesiar dan tidak ada pada wisata lain.

 

Tips Lainnya yakni Panduan Berkemas untuk Wisata Kapal Pesiar yang Pertama Kali

 

·         Mengenakan semua pakaian dua kali

Sebagian besar penumpang kapal pesiar mengganti pakaian mereka setidaknya dua kali sehari, pakaian yang berbeda untuk siang hari dan malam hari. Jika Anda memakai sepasang pakaian hanya untuk beberapa jam, Anda dapat memakai pakaian tersebut dengan dipasangkan dengan potongan pakaian yang lainnya, dua atau tiga kali selama dalam perjalanan. Beberapa kapal pesiar menyediakan fasilitas untuk mencuci baju, atau bawalah pewangi pakaian yang ukuran kecil atau deterjen wangi untuk mencuci di wastafel jika benar-benar diperlukan.

Berikut adalah keperluan dasar yang diperlukan untuk pelayaran 7 malam di cuaca yang hangat.

·         2 pakaian renang

·         1-2 mantel mandi atau mantel berenang

·         1 pakaian formal (jas dan dasi untuk pria, gaun malam untuk wanita)

·         2 celana panjang atau rok warna netral untuk makan malam non-formal

·         3 kemeja atau atasan untuk makan malam non-formal

·         3-4 pakaian santai untuk di siang hari

·         1 sweater atau jaket

·         1-2 set pakaian olahraga (jika Anda perlu berolahraga)

·         pakaian dalam untuk selama perjalanan

·         Sepatu untuk jalan-jalan, sandal untuk di pantai, dan sepatu formal

·         Asesoris

Untuk berlayar di cuaca dingin, seperti Alaska, mungkin hanya satu baju renang yang akan diperlukan, tetapi sweater atau baju hangat lainnya, bawalah sedikit lebih banyak. Jika Anda berencana untuk berwisata mendaki gunung, bawalah pakaian dan sepatu yang cocok untuk mendaki. Di kapal pesiar, berpakaian formal untuk makan malam adalah opsional jika Anda tidak keberatan makan secara prasmanan, bukan di ruang makan utama. Pertimbangkan tujuan dan preferensi perjalanan Anda dan pakaian apa yang Anda butuhkan, kenakan pakaian dua atau tiga kali karena Anda memerlukan ruangan ekstra di koper Anda unutk membawa pulang suvenir.

·         Pakaian yang ringan dan bebas kusut

Pakaian yang mengandung campuran bahan polyester, rayon, dan rajutan spandex tidak akan menjadi kusut dan tidak memakan banyak tempat di koper Anda. Pilihlah pakaian yang mudah dilipat dan nyaman untuk dipakai, dan tinggalkan hal yang tidak perlu di rumah.

·         Hanya bawa barang yang dapat Anda bawa sendiri

Jadikan hidup Anda lebih mudah dan lebih murah dengan membatasi bagasi Anda dengan hanya membawa satu koper dan satu tas gendong Tidak membawa tas yang banyak akan mengurangi biaya penerbangan dan mengurangi kemungkinan kehilangan bagasi. Kabin Anda akan terlihat lebih rapih jika Anda tidak membawa terlalu banyak koper dan tas. Anda bisa ke luar dari kapal lebih cepat saat pelayaran berakhir jika Anda hanya membawa satu koper dan satu tas gendong karena Anda tidak harus menunggu di waktu yang telah ditentukan untuk mengambil barang-barang Anda di pelabuhan.

Bawalah baju renang, mantel berenang, pakaian untuk makan malam, dan pakaian santai di tas gendong Anda, bersama dengan obat-obatan yang Anda perlukan, perlengkapan mandi, kamera, dan barang-barang yang Anda rasa sangat penting. Jika Anda kehilangan bagasi di penerbangan, setidaknya Anda bisa sedikit bersantai di kolam renang atau pergi makan malam selagi menunggu bagasi Anda dikirim ke kamar Anda.

·         Rincian, Rincian

Waktu kami bersiar ke Karibia pertama kali, saya hanya membawa satu botol krim tabir surya dan satu botol itu habis hanya dalam satu hari. Matahari di daerah yang tropis sangat menyengat sehingga kami harus membeli krim tabir surya di toko suvenir yang harganya dua kali lebih mahal kalau kita beli di toko biasa. Berikut adalah barang-barang yang perlu dipertimbangkan untuk dikemas:

·         Bawa krim tabir surya yang banyak

·         Ibuprofen dan obat lain yang Anda perlukan

·         Kamera, dengan baterai dan kartu memori ekstra

·         Tas sabuk yang anti air untuk menaruh paspor dan uang saat Anda di pantai

·         Teropong

·         Topi

·         Elektronik pribadi (e-reader, MP3 player, ponsel, tablet)

·         Charger untuk alat-alat elektronik Anda

·         Bahan bacaan untuk di pantai

·         Makanan ringan untuk di bandara dan di pelabuhan

·         Kantong keresek untuk pakaian yang basah

·         Ransel atau tas pantai untuk barang-barang yang Anda butuhkan di pelabuhan

·         Gantungan baju - bawa agak banyak jika bersiar lebih dari dua orang

·         Yang tidak perlu dibawa

·         Handuk. Kapal pesiar menyediakan handuk untuk di kolam renang dan di pantai.

·         Celana jins. Bahan jins terlalu panas untuk dipakai di daerah tropis.

·         Jubah mandi. Banyak kapal pesiar menyediakan jubah mandi di kabin-kabinnya.

Bersiar akan lebih menyenangkan jika kita tahu apa yang diharapkan dan bersiar dengan persiapan yang baik. (Rhp) (Sumber Foto: digipraim.com)

Sumber emaritim.com

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Comments
0 Comments

X-Taruni

Gallery

Umum

Cat-5

Cat-6